#Tips Diet: Inilah Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet Sehat Alami

Kenali Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet Sehat Alami

Di Indonesia bagian Timur sendiri, kebanyakan dari penduduknya justru jarang makan nasi. Namun mereka tetap mendapat karbohidrat dari makanan pengganti nasi. Apa saja itu?

Singkong

Singkong merupakan salah satu menu makanan pengganti nasi yang paling baik. Terbukti sejak zaman dahulu banyak orang yang memanfaatkan singkong sebagai pengganti nasi. Untuk tujuan diet, dalam pengolahannya singkong cukup direbus, jangan digoreng.

Singkong sangat baik dikonsumsi dan bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat karena kandungan seratnya yang cukup tinggi.  Karbohidrat kompleks yang terkandung didalam singkong bila dikombinasikan dengan Indeks Glikemik cukup rendah yaitu kurang dari 55 saja.

Talas

Indeks Glikemik atau GI dari talas sekitar 54 saja. Kadar indeks glikemik yang cukup rendah sangat baik bagi Anda yang sedang melakukan diet alami untuk menurunkan berat badan. Selain itu talas juga memiliki kandungan nutrisi yang seimbang dan lengkap.

Talas yang mengandung 80% karbohidrat dan protein sekitar 5,3 gram, sangat baik dikonsumsi karena bermanfaat menurunkan dan mencegah resiko terkena penyakit jantung, hipertensi dan tekanan darah tinggi.

Jagung

Jagung seringkali dijadikan makanan pengganti nasi yang digemari. Untuk tujuan diet, jagung dapat diolah dengan berbagai cara : dijadikan jagung rebus, jagung kukus atau nasi jagung. Untuk mengurangi rasa asin, manis dan pedas, dalam pengolahannya, sebaiknya jagung direbus tanpa menggunakan bumbu sama sekali.

Kandungan gizi pada jagung, seperti antioksidan, serat, vitamin B, mineral dan fruktosa, sangat baik dikonsumsi oleh tubuh. Apa lagi Indeks Glikemik pada jagung hanya 55-60 saja, sangat cocok untuk dijadikan alternatif sebagai menu makanan pengganti yang baik dan sehat saat menjalankan diet rendah kalori dan karbo.

Kentang

Memang benar, kentang memiliki Indeks Glikemik yang cukup tinggi, hampir sama dengan nasi. Namun ternyata kandungan vitamin c, serat dan kalori yang rendah menjadikan kentang lebih baik dikonsumsi dibanding nasi. Anda bisa mengonsumsi kentang dengan direbus lalu dimakan begitu saja ataupun dengan dilumatkan untuk dijadikan bubur kentang.

Ubi Jalar

Banyak sekali jenis-jenis ubi jalar di Indonesia. Mulai dari ubi putih, ubi jalar kuning dan ubi jalar ungu. Rasanya yang enak, membuat ubi jalar mudah diolah menjadi makanan yang lezat, seperti ubi panggang, ubi rebus dan kolak ubi, kolak biji salak, puding, cake, keripik dan masih banyak lainnya.

Di Amerika, ubi jalar (yang dikenal sebagai sweet potato) dianggap sebagai makanan yang memiliki nutrisi sangat lengkap. Kandungan baik dalam ubi yang patut Anda ketahui adalah fosfor, zat besi, protein, lemak, kalsium, betakaroten, vitamin A, vitamin C, vitamin B1, air dan karbohidarat. Indeks Glikemik Ubi Jalar ini juga termasuk rendah yaitu hanya 54 saja sehinggan lamban diserap sebagai gula darah.

Terlebih ubi jalar yang merupakan makanan diet pengganti nasi ini memiliki fungsi dapat mencegah konstipasi . Dengan ini, ubi jalarpun sangat cocok untuk menurunkan berat badan dengan sehat dan alami.

Oat

Di kota besar seperti Jakarta, oat dikenal sebagai makanan instan untuk menu sarapan. Oat memiliki bentuk seperti butir gandum yang tipis dan sudah terkelupas dari kulit luarnya. Makanan ini disukai karena memiliki lebih banyak rasa, padat dan bisa memberikan efek mengenyangkan dalam waktu yang lebih lama.

Ada beberapa cara mengonsumsi oat, misalnya pilih jenis oat yang sudah dibuka dari bulirnya sehingga bisa langsung dimakan tanpa pengolahan. Atau bisa menuang beberapa sendok kedalam mangkok kemudian tambahkan air panas secukupnya. Dan Anda bisa menambahkan susu rendah lemak apabila Anda tidak suka dengan air panas.

Bekatul

Bekatul merupakan hasil sampingan dari penggilingan padi yang mengandung mineral, Serat Pangan (dietary fiber), Oryzanol dan Asam Pangamat (vit B15), Vitamin (B1, B2, B3, B5, B6 dan tokoferol),  yang berperan sebagai Anti Oksidan & Melancarkan Pencernaan serta khasiat lain untuk membantu menurunkan berat badan (obesitas), mengatasi kolesterol tinggi, maag, sembelit, asam urat, menormalkan tekanan darah, menurunkan kadar gula darah, sebagai pencegah kanker usus, dan problem kesehatan lainnya serta membuat daya tahan tubuh lebih kuat dan fit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *