#Info Kesehatan: Awas, Simple Sugar Pemicu Sel Kanker!

Rasanya kita masih sulit jauh-jauh dari gula sebab hampir semua makanan dan minuman memiliki zat gula. Meski dengan komposisi yang berbeda-beda, faktanya gula bisa memicu berbagai masalah kesehatan. Bahkan, gula disebut sebagai salah satu pemicu sel kanker. Benarkah demikian?

Biasanya, gula tipe simple sugar yang memang memicu lonjakan kadar gula darah dan insulin tubuh secara cepat. Kandungan simple sugar biasanya ditemukan di gula pasir, sirup dan yoghurt.

Berbeda halnya dengan simple sugar, jenis gula kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Jadi, ia tidak mengakibatkan lonjakan gula darah dan insulin. Biasanya gula kompleks justru mengandung banyak serat, vitamin dan mineral. Gula kompleks bisa ditemukan pada jenis makanan seperti sayuran, beras merah, roti gandum atau pasta gandum.

Hubungan antara tingginya kadar gula serta insulin dengan pertumbuhan sel-sel kanker

Hormon insulin merupakan salah satu hormon yang sangat berpotensi memicu pertumbuhan sel. Tubuh akan mencerna semua makanan berkarbohidrat menjadi gula yang kemudian diserap usus hingga masuk ke dalam peredaran darah. Seiring meningkatnya kadar gula darah, organ pankreas mengeluarkan hormon insulin.

Jika kadar gula dalam tubuh selalu tinggi, pankreas pun terus memproduksi insulin dalam jumlah tinggi. Sel-sel kanker memiliki banyak reseptor insulin yang membuat mereka lebih sensitif terhadap kadar insulin di tubuh.

Menurut beberapa penelitian, sel kanker memiliki metabolisme yang berbeda secara fundamental dari sel normal. Sel kanker biasanya menggunakan proses glycolysis, yaitu pembentukan energi sangat bergantung pada gula dalam jumlah besar. Nah, jika dibandingkan dengan sel normal, sel kanker biasanya menggunakan 18 hingga 19 kali lebih banyak.

Berikut tips kesehatan dari Dokter Emilio Pandika dari Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk, Jakarta Barat …

Hindari Gula Bisa Membunuh Sel Kanker

Meskipun tubuh memerlukan gula sebagai sumber energi, sebaiknya hindari makanan yang memiliki kadar simple sugar yang tinggi.

1. Takaran gula yang aman untuk dikonsumsi adalah 9 sendok teh untuk pria, 6 sendok teh untuk wanita, dan 3 sendok teh untuk anak-anak.
2. Hindari makanan yang diproses. Diantaranya : kue, permen, roti dan es krim.
3. Kurangi gula pada kopi, teh atau masakan. Campur dengan pemanis alami seperti : stevia, luo han, gula semut dan gula aren.
4. Minum air yang cukup.
5. Hindari soda, minuman manis dan minuman beralkohol.
6. Ganti snack manis dengan buah-buahan.

Incoming search terms:

  • akibat kekurangan insulin
  • kekurangan hormon insu
  • kekurangan hormon insulin
  • kekurangan jat insulin
  • penyebab kekurangan insulin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *